(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Sebanyak dua orang Dosen dan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan mengikuti acara The 1st ITCRN Conference: Tobacco Control for Sustainable Recovery yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 Maret 2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Dosen Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan yakni Cecep Heriana, S.KM, MPH dan Fitri Kurnia Rahim, S.KM,. MPHM. Cecep Heriana, S.KM, MPH Dosen Kesmas sekaligus Wakil Ketua I Bidang Akademik memaparkan oral presentationnya tentang Determinan Perilaku Merokok Dan Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat Wilayah Perdesaan Di Kabupaten Kuningan Tahun 2022 (Analisis Profil Desa Ciberung Tahun 2022), sedangkan Fitri Kurnia Rahim, S.KM,. MPHM yang menjabat sebagai Ka. Prodi Kesehatan Masyarakat mempresentasikan tentang  Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Penggunaan Rokok Elektrik (Vape) Pada Mahasiswa di Universitas Kuningan Tahun 2020.

Pada penyampaian oral presentaion, Cecep menjelaskan bahwa tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui determinan perilaku merokok dengan kejadian hipertensi pada masyarakat di Desa Ciberung Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan Tahun 2022 dengan menggunakan metode penelitian Desain Studi “Non-Reactive Research” dengan sumber data sekunder dari Profil Kesehatan Desa Ciberung Tahun 2022 dengan jumlah responden sebanyak 942 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah determinan perilaku, kebiasaan merokok di dalam rumah, jumlah rokok yang dikonsumsi dan umur pertama kali merokok. Variabel terkaitnya adalah kejadian hipertensi dan menggunakan analisis data univarat dan bivariate dengan uji Chi-Square dan besar risiko menggunakan Odds Ratio (OR).

Sementara itu, Dua Mahasiswa STIKes Kuningan yakni Cici Liawati dan Nurul Aulia Ayuning Dewi mengangkat judul abstrak dalam oral presentationnya tentang Kepatuhan Pegawai Terhadap Pelaksanaan Peraturan Daerah Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Lingkungan Dinas Sosial Kota Cirebon Tahun 2022 dan Hubungan Perilaku Merokok Dengan Kejadian Hipertensi Di Desa Cantilan.

Semoga dari hasil penelitian Dosen dan Mahasiswa STIKes Kuningan tentang Tobacco Control for Sustainable Recovery dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya dari merokok dan derajat kesehatan masyarakat bisa lebih baik.