(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Program studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan STIKes Kuningan sukses melaksanakan Seminar Nasional Bidan dengan tema “Sinergitas Kesehatan Keluarga dan Pelayanan Kebidanan Komprehensif” sebagai Rangkaian Dies Natalies Stikes Kuningan Yang Ke-15. Kegiatan Seminar Nasional Bidan dilaksanakan pada hari Senin, (13/12/ 2021) melalui live zoom dan live streaming Youtube

Seminar kalini bertema tentang Tema “ Sinergitas Kesehatan Keluarga dan Pelayanan Kebidanan Komprehensif.”. Kegiatan ini di buka oleh Fera Riswidautami Herwandar, S.ST., M.Kes sebagai pembawa acara dan dilanjutkan oleh Ai Nurasiah, S.ST., MKM sebagai moderator. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Dr. Hj. Netty Prasetiyani, S.S., M.Si (Anggota Komisi IX DPR RI) sebagai keynote speaker yang membahas terkait Kebijakan Dalam Pelayanan Kesehatan Keluarga.

Sesuai data yang ada bahwa memang negara Indonesia untuk Indeks Pembangunan Manusia berada di urutan ke-5 dari 10 negara ASEAN. Data ini menunjukkan tingkat kesehatan perempuan dalam keluarga di Indonesia  yang masih perlu ditingkatkan.  Dan menurut beliau pemerintah dalam membuat program kesehatan atau kebijakan kesehatan harus dimulai dari peningkatan kesehatan keluarga.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan narasumber pertama seminar nasional bidan yaitu Dr. Yanti M.Keb, dalam materinya dipaparkan bahwa pemberdayaan perempuan dalam keluarga khususnya dalam kesehatan reproduksi perlu diperhatikan. Dimana dalam keluarga tersebut harus memahami peran dan tanggung jawab masing-masing antar anggota keluarga terutama keluarga yang memiliki ibu hamil menyusui ,nifas bayi, balita, remaja dan lansia. Perlu adanya pelayanan asuhan kebidanan yang komprehensif. Membahas terkait pelayanan asuhan kebidanan secara komprehensif perlu dilaksanakan berdasarkan Evidance Based.

Dimana hal ini ditunjang oleh pendidikan berkelanjutan bidan yaitu Profesi Bidan, yang didalamnya menghasilkan proyek-proyek Inovasi terkait Evidance Based yang diharapkan hal ini dapat meningkatkan dan memajukan pelayanan asuhan kebidanan komprehensif pada keluarga. Terkait Evidance Based yang ada di Profesi Bidan hasil-hal inovasinya dibahas oleh Narasumber kedua yakni Siti Nunung Nurjannah, S.ST.,MKM (Ketua Prodi Profesi Bidan STIKes Kuningan). Beliau memaparkan beberapa hasil proyek inovasi, antara lain Puding Daun Kelor dan Pastel Yamlor. Produk-produk inovasi ini diharapkan dapat dikembakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, inovasi-inovasi yang dibuat oleh mahasiswa kebidanan dan profesi bidan terus meningkat baik dari kualitas dan manfaatnya, kami sebagai Dosen terus mendorong agar para mahasiswa aktif dan inovatif dalam menciptakan berbagai inovasi dan pembelajaran .” ucap Siti Nunung

Untuk itu dengan adanya seminar tersebut diharapkan masyarakat dapat sadar akan pentingnya kesehatan keluarga utuk dijaga dan diperhatikan. Hal ini karena keluarga yang sehat menjadi cikal bakal bangsa yang sehat. Keluarga juga menjadi bagian yang sangat besar dalam mendukung keberhasilan program kesehatan. (Asrina)