(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Pengabdian masyarakat program studi Profesi Ners STIKes Kuningan  kembali diadakan di desa Cageur, Desa Paninggaran, Desa Parung dan Desa Kawah Manuk Kecamatan Darma pada hari Senin (13/12).

Kegiatan tersebut melibatkan Dosen dan Mahasiswa Profesi Ners Stase Jiwa dalam Sosialisasi Desa Siaga Sehat Jiwa dan Pemaparan Hasil Deteksi Dini Kesehatan Jiwa Masyarakat di balai desa Cageur di kecamatan Darma,

Ketua pelaksana kegiatan pengmas prodi Profesi Ners,  Ns. Khusnul Aini, M.Kep.,Sp.Kep.J menyampaikan bahwa kegiatan pengmas bertujuan untuk mensosialisasikan Desa Siaga Sehat Jiwa dan memaparkan hasil deteksi Dini Kesehatan Jiwa Masyarakat Desa dan mapping kelompok masyarakat dengan sehat jiwa, risiko dan gangguan jiwa. Tim Pengmas STIKes Kuningan yang terdiri dari H. Abdal Rohim, SKp.,MH, Ns. Nur Wulan,S.Kp.,M.Kep, Ns. Anggi Ulfah M, S.Kep dan mahsiswa Profesi Ners stase jiwa hadir dalam kegiatan tersebut dan memberikan  materi kepada masyarakat setempat.

Try Ananda D,S.Kep, mahasiswa profesi ners stase jiwa menyampaikan bahwa kegiatan pengmas di desa Cageur diikuti oleh beberapa orang Kader kesehatan dari 4 desa Kepala Desa dari 4 desa, pemegang program jiwa UPTD Puskesmas Darma, mahasiswa praktik profesi Ners.

“Kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat desa untuk mengetahui masalah kesehatan jiwa, ciri-cirinya, serta upaya pencegahan serta penanganan masalah kesehatan jiwa di desa ucapnya”

Sementara itu, Ns. Khusnul Aini, M.Kep.,Sp.Kep.J berharap kedepannya dari kegiatan pengmas ini dapat lebih maksimal dalam pencegahan gangguan jiwa baik di keluarga maupun masyarakat.

” Kegiatan ini diharapkan bisa dilanjutkan oleh kader kesehatan jiwa dan Puskesmas Darma khususnya pada penanganan ODGJ dengan memaksimalkan peran serta keluarga dan pencegahan gangguan jiwa pada kelompok risiko” pungkasnya