(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Program studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan sukses menggelar acara Seminar Profesi Administrasi Kebijakan Kesehatan yang dilaksanakan secara daring pada hari Minggu, (21/11) dan dihadiri oleh 306 peserta baik dari kalangan mahasiswa, masyarakat umum maupun tenaga kesehatan yang berasal dari berbagai instansi dan daerah di Indonesia.

Acara seminar dilaksanakan dalam rangka menyambut Dies Natalis STIKes Kuningan ke-15 pada bulan desember mendatang dan kegiatan seminar dihadiri oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama., SH., MH, Ketua YPBHK, Prof.Dr.Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes AIFO,  Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH, Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Fitri Kurnia Rahim, SKM., MPHM.

Dalam kesempatan seminar profesi, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama., SH., MH, sebagai keynote speaker menyampaikan bahwa kedepan 1 milyar orang harus menikmati hidup baik dan sehat  khususnya membangun kesehatan di Indonesia sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan program pembangunan  nasional dan ini sudah sejalan dengan upaya yang telah dicanangkan oleh program kerja WHO. Ada 3 targetan yang harus dicapai yakni cakupan kesehatan semesta yakni penyempurnaan akses terhadap akses kesehatan yang berkualitas, mengurangi jumlah orang yang menderita karena kesulitan yang dialami oleh masyarakat seperti tingkat kemiskinan, dll yakni penyempurnaan akses terhadap obat-obatan terumata vaksin yang sedang kita galakan.

Sementara itu, Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan Seminar Profesi kepada mahasiswa prodi S1 Kesehatan Masyarakat khususnya peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK).

“Pada kesempatan ini perlu saya sampaikan bahwa seminar profesi ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis STIKes Kuningan, sehingga kami  membuat inovasi  berbagai acara seminar, pengmas dan kegiatan lainnya sebelum puncak acara Dies Natalis dan sebagai wujud STIKKu dalam merespon terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah dan saya sangat bahagia sekali kepada mahasiswa prodi Kesmas khususnya peminatan AKK yang telah berkontribusi kepada pemerintah dengan melakukan kajian penelitian untuk menggali dan mengkaji kebijakan-kebijakan pemerintah khusunya dalam memanfaatkan fasilitas BPJS Kesehatan bagi masyarakat”

Tema seminar profesi kali ini mengangkat tema tentang “Percepatan Universal Health Coverage (UHC) Melalui Rencana Penghapusan Kelas BPJS Kesehatan.” yang sangat berkaitan dengan pencapaian SDGs hal ini diungkapkan serupa oleh Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Fitri Kurnia Rahim, SKM., MPHM saat memberikan sambutannya.

Pada kesempatan seminar Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) diisi oleh pemaparan hasil kajian oleh mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat, penayangan video dari masyarakat dan video singkat pelayanan pengguna BPJS Kesehatan, dan Seminar Profesi AKK STIKes Kuningan tahun 2021 menghadirkan 3  Narasumber yang tentunya sangat hebat yaitu yang pertama Dr. drg. Rossi Suparman, M.Kes., M.H selaku Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Linggarjati dengan sub tema “Efektivitas Program JKN-KIS dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit”, kemudian pemateri kedua yaitu Ibu apt. Riyenni, S.Si AAK selaku case manager BPJS Kesehatan KC Cirebon dengan sub tema “Peran BPJS Kesehatan dalam Meningkatkan Akses Pelayanan Kesehatan” dan pemateri yang ketiga yaitu Bapak Muhammad Faozi Kurniawan, SE. Akt., MPH selaku Peneliti dan Konsultan PKMK Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan sub tema “Pencapaian UHC di Indonesia : Pentingkah Menghapus Kelas BPJS Kesehatan?”