(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – 43 Mahasiswa dan 5 Dosen program studi kesehatan masyarakat, (Ade Saprudin,S.KM. M.KM, Icca Stella Amalia, SKM, MPH, Indrayani, A.Md.Keb, S.KM, M.Kes, Hamdan, S.KM., M.KM dan Fuad Hilmi Sudasman, SKM., MKM) STIKes Kuningan berkunjung ke Lokalitbang Kementrian Kesehatan di Pangandaran guna melakukan Epidemiology Training and Practice for Vector Control pada hari Selasa (23/11).

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pemutaran film documenter tentang nyamuk, dan dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan STIKes Kuningan yang disampaikan oleh Ade Saprudin,S.KM. M.KM dalam sambutanya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Lokalitbang Kemenkes yang sudah memberi kesempatan bagi mahasiswa STIKes Kuningan untuk menambah pengetahuan dalam kegiatan wisata ilmiah, kemudian sambutan dilanjutkan oleh pihak Lokalitbang Kemenkes, Pangandaran.

Epi – Trip (Epidemiology Training and Practice for Vector Control) dilaksanakan dalam 2 gelombang yakni dari tanggal 22 Nopember hingga 1 Desember 2021, Gelombang 1 : 23-24 November dan Gelombang 2 : 30 Nov – 1 Des.

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan pemutaran film tentang cara pengendalian vektor, kemudian identifikasi genera nyamuk (pra&dewasa) lalu dilanjutkan pembedahan nyamuk, dan diakhir tentang penjelasan cara pinning dan mounting nyamuk, hingga malam hari dilaksanakan praktik menangkap nyamuk. Diakhir kegiatan kunjungan pada tanggal 24 nopember para mahasiswa melaksanakan kegiatan Fun Games di pantai Pangandaran

Dimas Mahendra, Mahasiswa program studi kesehatan masyarakat semester VII merasa sangat besyukur karena bisa mengikuti kegiatan tersebut dan mendapat banyak pengalam berharga selama melaksanakan Epidemiology Training and Practice for Vector Control, di Lokalitbang Kemenkes Pangandaran.

“Dengan mengikuti kegiatan ini mahasiswa bisa tahu lebih banyak tentang nyamuk beserta dengan jenis nya, tidak hanya teori yang di dapat namun juga praktik secara langsung di bimbing oleh Dosen dan staf di Lokalitbangkes tentang bagainana cara menangkap nyamuk,dan juga membedahnya. Harapannya kedepan semoga kegiatan ini bisa ditambah menjadi lebih dari 2 hari.’ ucapnya.