(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Sebanyak lima (5) orang mahasiswa STIKes Kuningan telah melaksanakan kegiatan promosi kesehatan pencegahan Covid-19 dalam rangka memasuki pembelajaran tatap muka pada siswa kelas 5 SDN 2 Manislor, Senin, (30/08/2021)

Promosi kesehatan merupakan komponen kunci untuk mencegah penularan Covid-19 yang semakin meluas, apalagi di kalangan pelajar. Program edukasi tersebut merupakan bentuk pengabdian masyarakat (Pengmas) dengan judul “Promosi Kesehatan Pencegahan Covid-19 Berbasis Media Video dan Permainan Ular Tangga Covid-19”. Kegiatan berlangsung pada pukul 09.00-10.00 WIB.  Materi yang disampaikan berupa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) disertakan informasi tentang Covid-19, cara penularan, ciri-ciri, cara pencegahan Covid-19 dan sebagainya yang berkaitan dengan Covid-19.

Kegiatan dimulai dengan penayangan video tentang Covid-19, lalu dilanjut dengan permainan ular tangga Covid-19. Para siswa/i dibagi 4 kelompok dan secara bergantian melakukan permainan ular tangga Covid-19 dengan menggunakan dadu dan alat yg telah disediakan. Setiap pijakan kotak pada ular tangga terdapat pesan yang disampaikan dan melatih anak untuk memahami pesan tersebut. Setelah permainan selesai, dilanjut kembali penayangan video tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Permainan ular tangga ini digagas berdasarkan referensi yang telah ada yaitu dari Promkes Dinkes Kota Depok. Melalui permainan ular tangga ini diharapkan anak-anak lebih paham tentang pencegahan Covid-19 dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan Covid-19, karena metode nya yang seru yaitu bermain sambil belajar” Ujar salah satu mahasiswa.

Pada akhir kegiatan, siswa/i diberikan doorprize berupa makanan ringan sebagai apresiasi karena mengikuti kegiatan hingga selesai. Semoga dengan adanya edukasi ini, dapat lebih mengingatkan siswa/i dan meningkatkan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 baik di sekolah, di rumah maupun di tempat lain.  (Kontributor Berita : Firda)