(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – STIKes Kuningan dan Loka Litbangkes Pangandaran berencana melakukan penelitian secara kolaborasi mengenai peta kerawanan Demam Berdarah Dengue di Kab. Kuningan. Proses penelitian selama 3 tahun dari bulan Januari 2021 sampai dengan Desember 2023, akan dilakukan pengumpulan data survei kevektoran mulai dari pengamatan, koleksi, identifikasi, hingga pengemasan isolat nyamuk untuk pengujian molekuler. Selain itu, akan dilakukan analisis data spasial untuk menentukan peta kerawanan kasus demam berdarah dengue di Kabupaten Kuningan. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia untuk menambah keterampilan dan kapasitas sumber daya peneliti saat melakukan penelitian nantinya.

Pada tanggal 10-11 Juni 2021 dilakukan kegiatan Training of Trainer di Loka Litbangkes Pangandaran sebagai tindak lanjut rencana penelitian kerjasama antara STIKKU dengan Loka Litbangkes Pangandran yang berjudul “Analisis Spasial Kerawanan Wilayah Berdasarkan Determinan Eco-Bio-Sosial Terhadap Transmisi Infeksi Penularan Virus Dengue di Kabupaten Kuningan Tahun 2021”. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari mengenai survei vektor (pengamatan, koleksi, identifikasi, pengemasan isolat), mempelajari mengenai analisis data spasial dengan pendekatan autokorelasi, mempelajari mengenai analisis data time series. Kegiatan ToT dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2021 dan sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2021 dan kedua sesi tersebut dimulai pada pukul 09.00 s/d 15.00 WIB. Pemateri pada pada kegiatan ToT ini adalah dari tim Loka Litbangkes Pangandaran sedangkan sasaranya adalah tim peneliti dosen Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan.

Sesi pertama sebelum memulai rangkaian agenda acara seperti materi dan praktek terlebih dahulu dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Kepala Loka Litbangkes Pangandaran yang pada kesempatan kegiatan ini diwakili oleh Ka. Bagian Tata Usaha Bapak Kosasih, S.Sos. Dalam sambutanya beliau mengucapkan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran tim dosen dan civitas akademika STIKKU yang hadir dalam kesempatan yang baik ini dan menyambut baik kegiatan ToT ini dan berharap kerjasama dengan STIKKU tidak terputus dan terus berlanjut. Sedangkan sambutan Ketua STIKes Kuningan diwakilkan oleh Waket 1 Bidang Akademik Bapak Cecep Heriana, SKM., MPH yang menyampaikan bahwa sangat senang bisa berada di lokasi Loka Litbangkes Pangandaran yang kesekian kalinya, beliau mengatakan bahwa STIKKU dan Loka Litbangkes Pangandaran sudah seperti keluarga yang sudah amat dekat karena sudah menjalin hubungan baik sejak lama. Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ToT ini sangat bermanfaat khususnya bagi kami dari tim peneliti STIKKU karena kami juga masih harus belajar lagi sehingga meningkatkan kemampuan kami lebih baik dalam melakukan riset nantinya.

Setelah sambutan dari pihak STIKKU dan Loka Litbagkes Pangandaran acara dilanjutkan dengan agenda materi dan praktek mengenai metode survei dengue pra dewasa,  identifikasi vektor dengue pra dewasa dan Analisis spasial dan sistem informasi geografis (SIG). sedangkan pada sesi kedua agendanya adalah materi dan praktek mengenai metode survei lapangan, pembahasan instrument penelitian, pengisian form pengamatan entomologi dan terakhir ditutup dengan materi analisis data.

Rangkaian kegiatan ToT telah selesai dan ditutup dengan sambutan dari pihak STIKKU dan Lokalitbangkes Pangandaran yang kedua nya berharap pnelitian yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat. Setelah semua rangkaian acara selesai ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama.