STIKES KUNINGAN

TERDEPAN DALAM MUTU, KAMPUS INOVASI,STIKKU SEMAKIN BERKAH, THE COLORFULL OF STIKKU

Yayasan

Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan

 

ypbhk

Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKes) Kuningan berada di bawah Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK) yang berdiri berdasarkan Akta Notaris Saleh Bafadal, SH Nomor 12 tanggal 8 Juni 2006 dengan susunan kepengurusan yayasan sebagai berikut:

Ketua                       : Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes, AIFO.

Sekretaris                : Hj. Laily Inayati, M.Psi.

Bendahara               : Hj. Oom Rohmah, S.Sos.

Pembina                   : Drs. H. Kusmayadi, M.Pd.

     H. Agus Johari, S.Sos.

     H. Aruman

Pengawas                 : Dr. (HC) KH. Sarkosi Subkhi

 

Pada tahap awal, STIKes Kuningan membuka 2 (dua) Program Studi yaitu Program Studi Diploma III Kebidanan dan Program Studi S1 Keperawatan. Perkuliahan diselenggarakan di Kampus STIKes Kuningan Lama yang berlokasi di Jalan. Pramuka No. 65 Kuningan. Mulai Mei 2010, STIKKU sudah menempati Kampus Baru di sedang membangun kampus baru di Jl. Lingkar Kadugede No. 2 Kuningan.

Paduan Wibawa Akademik, Budaya Service, dan Spirit Inovasi

oleh: Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes, AIFO.

Kesadaran terhadap eksistensi manusia modern di tengah perkampungan global dan segala konsekuensinya telah menjadikan landasan utama Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan sebagai badan hukum penyelenggara STIKKU untuk melakukan berbagai upaya perbaikan secara berkelanjutan dalam penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan di STIKKU. Satu-satunya jalan untuk tetap bisa survive dalam era hiperkompetitif ini adalah tampil dalam balutan keindahan akhlak dan penuh pernak-pernik keunggulan lainnya. Dengan perkataan lain, STIKKU harus menjadi center of excellences.

Sekalipun STIKKU baru lahir dan tumbuh seumur jagung (hampir 4 tahun pada 22 Desember 2006), namun berbekal tekad untuk maju dan semangat kemandirian yang terarah serta kerjasama semua pihak yang harmonis, slow but surely – YPBHK telah mampu membangun Kampus Baru STIKKU yang telah ditempati sejak 1 Mei 2010.

Kami harus jujur bahwa dalam memasuki tahun ke-4 usia STIKKU, subhanallah wal hamdulillah, telah banyak prestasi institusi yang telah dicapai dan diraih berkat semangat bekerja sama dan kesungguhan dari semua sivitas akademika STIKKU. Hal ini mustahil dilakukan oleh PTS anak bawang seperti STIKKU, namun ternyata STIKKU bisa melakukannya. Diawali dengan kepercayaan penuh dari Pemkab Kuningan untuk menitipkan 29 orang mahasiswa program Bidan Desa yang kini telah menjadi alumni pertama STIKKU, kemudian pada tanggal 26 Juni 2009 juga Program Studi D-III Kebidanan STIKKU telah mendapatkan akreditasi dari BAN PT dengan Peringkat B (Baik) dan merupakan institusi pendidikan kebidanan ke-5 di Jawa Barat yang berakreditasi Baik. Disusul kemudian pada bulan Juli 2009, STIKKU menerima Bantuan Stimulans dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan tak lama berselang Himpunan Mahasiswa Keperawatan STIKKU juge mendapatkan hibah Asosiasi Profesi Mahasiswa dari Direktorat Akademik Ditjen Dikti pada bulan September 2009. Pada akhir Januari 2010, 5 dari 11 proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang diusulkan para mahasiswa STIKKU juga berhasil mendapatkan hibah dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Dikti dan merupakan PTS Kesehatan terbanyak yang menerima hibah PKM se-Indonesia. Pada bulan Juni 2010 juga alhamdulillah STIKKU juga dipercaya Kopertis Wilayah IV untuk menerima hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan pada bulan yang sama Ketua BEM STIKKU juga lolos dalam seleksi Peningkatan Wawasan Pimpinan BEM ke Luar Negeri yang dilaksanakan oleh Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti. Kini, 4 kelompok mahasiswa juga tengah menunggu seleksi PKM-Artikel Ilmiah dan kedua himpunan mahasiswa program studi di STIKKU juga tengah menunggu seleksi hibah PHK-Asosiasi Profesi Mahasiswa Tahun 2010.

Sudah tentu pencapaian kinerja tersebut mustahil dapat dicapai bilamana dilakukan tanpa perencanaan yang baik serta didukung oleh tim kerja yang kompak dan cerdas serta dibimbing oleh para dosen yang kompeten. Karena itu, YPBHK akan terus mendorong seluruh sivitas akademika STIKKU untuk tetap berkreasi dan berinovasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggiu, sehingga STIKKU dapat mewujudkan visinya sebagai PTS Kesehatan yang Terdepan Dalam Mutu yang dilandasi Spirit Inovasi dan Religius.